Pemberian Nama Orang Rusia

matryoskha

 

Tiap bangsa memiliki tradisi pemberian nama yang berbeda-beda. Terdapat keunikan dan kekhasan dari tiap bangsa. Salah satunya adalah tradsi pemberian nama orang Rusia. Nama orang Rusia umunnya terdiri dari 3 bagian, yaitu:  nama depan, nama tengah dan nama keluarga. Nama tengah dan nama keluarga sudah tersedia sejak mereka lahir. Oleh sebab itu, orang tua hanya memberikan 1 nama saja pada anak mereka.

 

1. Nama Depan

Terdapat beberapa nama Rusia yang paling umum dan populer  bukan hanya di negara itu namun juga di Dunia. Salah satu dari nama paling umum dan populer tersebut adalah Ivan, bahkan nama tersebut sering dijadikan julukan untuk menyebut lelaki Rusia.

 

Nama laki-laki Rusia lainnya yang juga umum dan populer antara lain: Vladimir, Dmitry, Boris, Igor, Nikolay, Sergey, Alexander, Roman, Mikhail dan Viktor.

Sedangkan nama perempuan yang paling umum dan populer antara lain: Svetlana, Natalya, Anastasia, Tatyana, Lyudmila, Yulya dan Ekaterina

 

Salah satu kekhasan nama orang Rusia adalah adanya bentuk diminutive dari nama depan mereka. Diminutive adalah kata yang memiliki makna kecil, dalam konteks ini yang dimaksud adalah nama kecil atau panggilan kesayangan. Nama kecil atau panggilan kesayangan ini umumnya digunakan dalam lingkup keluarga dan pertemanan, dalam suasana tidak resmi.

 

Berikut contah nama kecil atau panggilan kesayangan tersebut:

Aleksandr menjadi Sasha, Sanya, Shurik, Shura, Aleksandrushka

Dmitrii menjadi Dima, Mitya, Dimulya

Nataliya menjadi Natasha, Nata, Talia, Natulia, Tashenka

Elena menjadi Lena, Lenulia, Lenusia

 

Nama kecil atau panggilan ini kadang membingungkan karena satu nama diminutive dapat merujuk pada dua nama dari gender yang berbeda, misalnya Sasha dapat merujuk pada Aleksandr (laki-laki) dan Aleksandra (perempuan).

 

2.Nama Tengah

Nama tengah orang Rusia merupakan apa yang disebut dengan patronomyc.  Patronomyc adalah komponen nama yang diambil dari nama ayah (disebut ‘otchestvo’  dalam bahasa Rusia). Pemberian nama tengah yang diambil dari nama ayah ini tidak lepas dari budaya Patriarki orang Rusia yang kental.

 

Pada masa Dinasti Ryurik, penambahan –ich pada ‘otchestvo’ hanya boleh digunakan oleh kaum bangsawan. Sejak abad ke-19, setelah penghapusan perbudakan di Rusia, baru boleh digunakan juga oleh rakyat jelata.

 

Sistem penamaannya sebagai berikut:

Nam tengan laki-laki berakhiran dengan –ovich atau –evich, contohnya: Sergey menjadi Sergeyevich

Nama tengah perempuan berakhiran dengan –ovna atau –evna, contohnya Sergey menjadi Sergeyevna

 

Nama tengah umumnya digunakan bersama-sama dengan nama depan, terutama di situasi resmi, contohnya: “Ivan Sergeyevich, apakah Anda ingin minum vodka?

Namun, beberapa orang Rusia memanggil yang saling mengenal dengan baik dan akrab justru memanggil dengan nama tengah mereka, contohnya: “Sergeyevich, mau Vodka?

 

3.Nama Keluarga (Marga)

Nama keluarga orang Rusia sangat khas dan hanya mirip dengan beberapa negara rumpun Slavia saja. Kekhasan nama keluarga orang Rusia dapat dilihat dari akhiran nama tersebut.

 

Berikut contohnya:

Berakhiran dengan –ov, misalnya: Ivanov. Untuk perempuan menjadi Ivanova

Berakhiran dengan –in, misalnya: Pushkin. Untuk perempuan menjadi Pushkina

Berakhiran dengan –oi (atau oy), misalnya: Tolstoi (Tolstoy). Untuk perempuan menjadi Tolstaia (Tolstaya)

Berakhiran dengan –ii (atau y), misalnya: Dostoevskii (Dostoevsky). Untuk perempuan menjadi Dostoevskaia (Dostoevskaya)

 

Sehingga jika dirangkaikan 3 nama tersebut, maka nama orang Rusia akan menjadi:

name_graph

 

Saat ini beberapa orang tua Rusia ada yang memberi nama depan anaknya dengan nama asing bukan nama Rusia atau Slavia. Namun, mereka masih tetap menggunakan sistem penamaan dengan 3 nama yang terdiri dari nama depan, nama tengah (yang berasal dari nama ayah) dan nama keluarga. (Monica Dian/Image: various)






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *