USHANKA

Ushanka_Grrl

Setiap negara memiliki kekhasannya masing-masing yang membedakannya dengan negara lain—suatu hal yang dapat diidentikkan dengan negara tersebut— Rusia (dan atau negara pecahan Uni Soviet lainnya) juga memiliki keunikannya tersendiri, salah satunya berupa fashion items. Fashion items yang seringkali kita gunakan untuk menunjang penampilan kita tanpa kita sadari akan membuat penampilan kita menjadi lebih sempurna di mata orang-orang yang memandang.

Salah satu fashion items yang berasal dari Rusia adalah ushanka. Mungkin namanya masih kurang familiar di telinga sebagian  orang, tapi jika melihat wujudnya, Anda pasti tidak asing lagi dengannya. Ushanka (shapka, shapka dan masih banyak sebutan lainnya) adalah sebuah topi berbahan dasar bulu yang memiliki bagian telinga di sampingnya. Bagian “telinga” ini bisa digunakan dengan dua gaya: pertama diikat ke atas dan kedua diikat di dagu. Cara yang kedua ini dimaksudkan agar melindungi telinga, pipi, dan dagu dari dinginnya cuaca.

Topi yang terbuat dari bulu kelinci,  atau bulu sintetis ini sudah lama dikenal oleh penduduk Uni Soviet, Jerman, bahkan Skandinavia. Dulu topi ini lebih banyak digunakan oleh para tentara saat sedang berperang hingga akhirnya saat ini ushanka  sangat identik dengan Uni Soviet dan Federasi Rusia bahkan kehadirannya sudah mewarnai beberapa fashion show desainer ternama kelas dunia karena topi tradisional, tapi tetap terlihat stylish ini dapat mempercantik penampilan Anda, baik laki-laki maupun perempuan.

Berikut adalah beberapa fashion show beberapa desainer yang menggunakan ushanka sebagai headpiece dalam koleksi mereka:

hermes-ushanka

Hermès  Fall 2005 ready-to-wear

Anna Sui Fall 2005

Anna Sui Fall 2005

Temperley London Fall 2012 ready-to-wear

Temperley London Fall 2012 ready-to-wear

Michael Kors Fall 2012 ready-to-wear

Michael Kors Fall 2012 ready-to-wear

Marc Jacobs     Fall 2012 ready-to-wear

Marc Jacobs     Fall 2012 ready-to-wear

Oscar de la Renta Fall 2011

Oscar de la Renta Fall 2011

Ushanka memang hanya cocok digunakan untuk mereka yang tinggal di negara yang memiliki musim dingin. Untuk kita yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia, penggunaan ushanka tentu akan sangat terbatas, tetapi bukan berarti kita tidak dapat mengoleksinya karena ushanka adalah salah satu fashion items yang tidak lekang oleh waktu. Sambil mengoleksi, mungkin Anda juga akan terinspirasi untuk menggunakannya ketika bepergian di negara bermusim dingin. (Astry Rizky/Editor: Monica Dian/Image: style.com)






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *