Koliada

Festivals_clip_image002

Koliada atau Koleda adalah salah satu festival musim dingin bangsa Slavia yang paling legendaris. Ini merupakan perayaan kuno yang berhubungan dengan Veles. Dalam mitologi bangsa Slavia, terdapat banyak dewa-dewa utama yang dipuja, salah satuya adalah Veles  yang merupakan Dewa bumi, air dan bawah tanah. Selain Veles, festival ini juga erat kaitannya dengan arwah keluhur dan siklus alam. Festival ini juga sering disebut dengan Festival Solstice

Solstice atau titik balik matahari adalah sebuah fenomena alam yang terjadi 2 kali dalam setahun, yaitu saat garis axis matahari bergerak menjauhi bumi yang menyebabkan posisi matahari akan bergerak condong ekstrem ke Selatan atau Utara.  Fenomena ini oleh beberapa kebudayaan dihubungkan dengan kelahiran kembali dan tahun baru (kematian dan kelahiran kembali dari matahari , terutama di tempat-tempat jauh di utara seperti di kutub).  Bahkan, dalam beberapa kebudayaan, fenomena ini dianggap  mengandung peristiwa mistis.

Hal-hal bernuansa mistis yang menyelimuti Koliada, membuat perayaan ini lebih mirip seperti Hallowen daripada Natal oleh bangsa-bangsa di luar bangsa Slavia. Kebanyakan perayaan musim dingin menyambut Natal dalam kebudayaan Eropa lainnya dirayakan dengan nuansa yang lebih cerah dan ceria. Namun, dalam Koliada, bangsa Slavia merayakan kembalinya arwah-arwah leluhur ke dunia dalam bentuk kelahiran kembali.

Asal-usul festival Koliada juga dihubungkan dengan keberadaan Dewi Koljada, Dewi musim dingin Slavia yang menyimbulkan perdamaian dan perayaan.  Walaupun saat ini Koliada dianggap sebagai salah satu festival menjelang Natal, namun perayaan ini sudah ada dalam kebudayaan Slavia jauh sebelum agama Kristen masuk. (Monica Dian/Image: vnews)

 



« (Previous News)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *